Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Andro PonselCara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi. Bagi anda pengguna Android tentu merasakan lambatnya aplikasi yang sedang dijalankan. Kinerja yang diberikan ponsel tidak sebanding dengan keperluan yang dibutuhkan anda. Karena itulah, rasa kesal muncul hanya gegara Android semakin lelet atau lemot akibatnya sering nge-hang. Salah satu yang memicunya adalah banyaknya aplikasi yang diterapkan pada Android anda. Namun, masih banyak gangguan lain dari masalah tersebut.

Perlu diketahui, Android bukanlah alat atau teknologi canggih yang serba cepat. Oleh sebab itu, anda harus mengetahui apa kelebihan dan kelemahan pada Android. Bukan hanya pada Android saja melainkan sistem operasi pada umumnya, ada kelemahan dan juga penurunan kinerja dari sistem tersebut. Dengan demikian, anda harus mengerti solusi atasi Android yang seperti itu, tentunya tanpa bantuan aplikasi seperti cara berikut ini.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

Baca juga nih
Cara Mengubah Font Default Android
Google Playstore Yang Error? Ini solusinya
Ini nih Virus Yang Merusak Smartphone Android

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Aplikasi

  • Perbaharui Perangkat Software
    Inilah mengapa gunanya update atau memperbaharui perangkat software, karena  berfungsi dalam meningkatkan kemampuan dari sebuah perangkat. Sebaiknya periksalah keberadaan software secara rutin. Cara yang bisa dilakukan yakni klik menu setting, lalu about phone dan sentuh pilihan system updates.

  • Live Wallpaper dinonaktifkan
    Dalam mempercepat Android yang dijalankan, matikan animasi perpindahan menu, karena hal ini menjadi lambat. Caranya mudah dengan masuk ke bagian menu setting di Developer options kemudian barulah sentuh off pada pilihan animasi yang berupa Animator duration scale,  windows animation scale dan Transition animation scale.

  • Live Wallpaper Dimatikan
    Dengan mengaktifkannya, akan memperlambat kinerja Android anda. Live Wallpaper dapat mengakibatkan animasi terus berjalan, sehingga ponsel dipaksa dalam melakukan kinerja berlebih. Untuk itu, matikanlah live wallpaper dengan segera. Mematikan live wallpaper sangat menghemat berjalannya sumber daya baterai, sehingga baterai ponsel pintar anda dapat bertahan lebih lama.

  • Menutup Aplikasi Berjalan di Background
    Ketika anda akan menyentuh tombol home di layar ponsel, maka aplikasi yang sedang berjalan juga akan tetap berjalan di background. Sedangkan tombol back disentuh ketika aplikasi berjalan, maka dengan otomatis menutup atau aplikasi tersebut mati. Sebaiknya, jika  ingin membuka aplikasi lain, tutup terlebih dahulu aplikasi yang sedang berjalan dan sentuhlah tombol back.

  • Tidak Menggunakan Animasi
    Ketika animasi dimatikan, maka RAM pada ponsel kinerjanya berkurang sehingga perpindahan menu ponsel lebih terasa cepat atau gesit. Sebaiknya tidak menggunakan animasi, dengan cara mematikannya ke pengaturan setting-Developer options, lalu matikan dari animasi Android yang berjumlah tiga digunakan oleh smartphone anda.

  • Jumlah Widget Dikurangi
    Apabila widget yang dipakai memberikan informasi setiap saat, maka kemungkinan proses penambahan telah menyedot memori, sehingga akan berakibat melambatnya kinerja. Oeh karenanya, anda harus menghapus dan mengurangi beberapa widget yang tidak penting.

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan
    Salah satu cara untuk melakukan penghapusan aplikasi adalah dengan datang ke menu setting, lalu akses menu Apss dan pilih aplikasi yang ingin di uninstall yang sekiranya tidak dibutuhkan. Jika aplikasi bawaan tidak dapat dihilangkan, maka bisa menonaktifkannya dengan memilih Disable.

  • Gunakan Kartu microSD Berkecepatan Tinggi
    Ketika ingin meningkatkan kapasitas memori internal, maka dapat menyisipkan kartu microSD ke slot yang disediakan. Selain itu juga bisa menjadikan memori pada ponsel lebih luas, hal tersebut timbul penambahan kartu microSD dan ternyata bisa membebani kecepatan ponsel ketika informasi yang diperlukan dalam tahap proses.

Semoga cara mengatasi Android lemot tanpa menggunakan bantuan aplikasi lain dapat bermanfaat bagi anda dan kita semua. Sekian dan terima kasih.